Substrat Akuarium Terbaik

Ditulis oleh Aquarium ID, pada tanggal 15 April 2019 dalam kategori Aquascape, Semua

Substrat akuarium terbaik sangat penting untuk pertumbuhan tanaman dan produksi bakteri. Dalam tangki yang ditanam untuk aquascape, pilihan substrat yang tepat merupakan faktor penting ketika merawat kehidupan tanaman yang terkonsentrasi di akuarium.

Alam memberi tanaman-tanaman air dari tanah, pasir, dan kerikil yang kaya akan nutrisi dari limpahan air hujan. Seperti kita akan membuat akuarium aquascape yang dibuat mirip seperti habitat aslinya. Pemilihan substrat yang kaya nutrisi sangat penting untuk kehidupan dan pertumbuhan tanaman aquascape Anda.

Tanaman di akuarium memberi makan dari akar dan kualitas substrat akuarium terbaik akan mempengaruhi warna, pertumbuhan, dan ukurannya. Tanaman aquascape yang populer memiliki kebutuhan yang berbeda karena struktur akar dan pola pertumbuhannya. Misalnya HC dan Glossostigma akan sangat bagus dengan substrat nutrisi yang lebih halus dan tinggi.

Substrat aquascape yang berkualitas memang sangat mahal pada saat akan membuat aquascape baru, akan tetapi biaya tersebut sebanding dengan kualitasnya dalam kehidupan ekosistem di akuarium. Selain itu menjadikannya salah satu investasi terbaik selama tahap pemasangan.

Substrat Akuarium Terbaik

Kerikil polos
Untuk akuarium, kerikil biasa yang ditanam bukanlah substrat yang disarankan karena sifatnya yang lembam dan ketidakmampuan untuk memasok tanaman air dengan nutrisi yang diperlukan. Agar efektif, harus dicampur dengan setidaknya 50% dari aditif tanah yang kaya nutrisi.

Artikel:  Siamese Algae Eater, Ikan SAE Ikan Pembersih Aquascape

Keuntungan – Substrat yang sangat murah, sangat mungkin lembam dan tidak mengganggu pH air.

Kerugian – Tidak ada nilai tambah bagi tanaman dan tidak mendistribusikan nutrisi yang dibutuhkan dalam tangki yang banyak ditanam untuk membantu pertumbuhan dan kesehatan.

Fluorite
Fluorite adalah substrat tanaman yang sangat baik. Ini adalah kerikil tanah liat berpori yang kaya akan zat besi, kalium dan magnesium. Substrat Fluorite berkisar dengan elemen makro dan mikro yang berbeda sesuai dengan lingkungan tanaman akuarium yang berbeda. Produk Fluorite termasuk partikel mikro yang dapat mengeruhkan tangki. Substrat ini perlu dibilas sebelum digunakan.

Keuntungan – substrat Fluorite tersedia dalam berbagai macam warna, membutuhkan nutrisi yang sangat tinggi.

Kekurangan – Substrat mahal dan pada penggunaan awal dapat membuat keruh atau mengubah warna air akuarium.

Substrat Akuarium Terbaik Aquascape

ADA Aquasoil
Aquasoil sangat bagus untuk tanaman berakar untuk berada di belakang dan juga cocok untuk tanaman depan sebagai substrat. Ini memiliki komposisi nutrisi yang sangat baik untuk tanaman air. Selain itu akan menurunkan ph sampai di bawah 7 yang lebih disukai dalam tangki yang ditanam tetapi dapat menyebabkan komplikasi dengan beberapa spesies ikan.
Pastikan untuk memeriksa persyaratan pH Anda sebelum Anda menggunakan media ini.

Keuntungan – Sangat baik untuk semua jenis tanaman air.

Artikel:  Pengertian Aquascape dan Akuarium

Kerugian – Biaya awal yang mahal dan mungkin membuat pH tidak cocok untuk spesies ikan yang membutuhkan pH lebih tinggi.

Tanah Liat atau Laterit
Substrat ini bisa sangat efektif jika diberi lapisan kerikil, agar tidak memungkinkan substrat untuk bergeser. Ini bisa menjadi berantakan untuk mengatur dan membuat akuarium sangat keruh jika dilakukan secara tidak benar. Pindah tanaman mungkin menjadi masalah dan dapat membuat akuarium berawan selama beberapa waktu. Tanah liat/laterit biasanya hanya direkomendasikan oleh aquascaper berpengalaman.

Keuntungan – Basis kaya nutrisi padat. Sangat hemat biaya dibandingkan dengan media komersial lainnya.

Kekurangan – Sulit digunakan dan diatur. Dapat menyebabkan tangki keruh untuk jangka waktu tertentu.

DIY Campuran Tanah atau Gambut
DIY adalah pilihan yang bagus dan berarti Anda dapat membuat sendiri substrat dengan biaya yang sangat wajar. Ada banyak panduan tentang cara melakukan ini dan banyak yang menyertakan merek khusus tanah dan gambut yang sesuai untuk penggunaan akuarium. Jangan gunakan tanah apa pun sebelum melakukan penelitian serius karena dapat merusak akuarium Anda.

Keuntungan – Opsi termurah untuk substrat aquascape.

Kekurangan – Menemukan lumut gambut yang rendah fosfat yang tepat sulit dan berisiko.

Substrat Komersial Lainnya
Media komersial yang lebih murah dengan merek seperti Eco Complete atau Upaqua juga cocok untuk akuarium yang ditanam modern. Substrat dengan kualitas lebih rendah dapat lebih meningkatkan pH di dalam air dan memiliki jumlah nutrisi yang berbeda untuk tanaman. Penting untuk membaca label untuk menemukan apa yang ada di setiap produk.

Artikel:  Parameter Karakteristik dalam Pemeliharaan atau Budidaya Ikan

Keuntungan – Lebih murah daripada substrat ADA atau Fluorite. Memiliki nutrisi yang dibutuhkan tanaman.

Kerugian – Produk yang berkualitas lebih rendah memiliki risiko fosfat yang lebih tinggi atau kandungan nutrisi yang lebih rendah.

Aditif seperti tab atau pelet
Tab dan pelet pupuk membantu tanaman akar besar dengan memberikan nutrisi dalam tangki hanya di daerah yang mereka butuhkan. Pelet dapat ditempatkan di substrat inert seperti kerikil di pangkal akar tanaman air besar. Ini dapat bertindak sebagai pengganti untuk menggunakan substrat organik yang memungkinkan penggemar untuk menggunakan segala jenis, warna atau tekstur substrat di tempatnya.

Keuntungan – Hemat biaya karena hanya digunakan di area tempat penanaman terjadi.

Kerugian – Tanaman latar depan rendah memiliki sistem akar pendek yang tidak dapat mengakses nutrisi.

Meskipun substrat akuarium terbaik sangat penting untuk pertumbuhan tanaman, sebagian besar substrat akan melakukan pekerjaannya dengan sangat baik. Perlu diingat pelet dapat ditambahkan nanti jika perlu dan pupuk cair dapat membantu defisit elemen tertentu.

Tinggalkan Balasan